SUASANA-Pelatihan Menulis Artikel (dok.jib)
Bojonegoro. EDUKASIA.ID - “Dengan membaca surat Al-Fatihan, acara pelatihan
menulis artikel untuk peserta didik dan guru ini resmi dibuka.” Itulah petikan sambutan
Kepala MTs Ulul Albab Moch. Alimi, saat membuka pelatihan menulis di sekolah,
Selasa (10/1/23).
Alimi, Kepala MTs Ulul Albab yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 353 Plesungan, Kapas, Bojonegoro dalam sambutannya menyampaikan, tujuan diadakan pelatihan penulisan artikel kepada peserta didik dan guru sebagai upaya mendukung program pemerintah dibidang literasi menulis.
“Agar anak dan guru cakap menulis, maka pelatihan ini diadakan guna mendukung program literasi baca tulis dari pemerintah,” ungkapnya.
Ia juga menambah, bila pada pelatihan tersebut dikuti oleh 70 peserta didik dan 36 guru dari MTs, MI, dan KB-TK Ulul Albab dan dibagi dua sesi. Pukul 08.30 Wib untuk siswa dan pukul 10.30 Wib untuk dewan guru.
“Siswa yang ikut dipelatihan ini ada 70. Adapun guru ada 36 dari jenjang MTs, MI, dan KB-TK Ulul Albab yang terbagi dalam dua sesi,” imbuhnya.
Diakhir sambutan, Alimi juga mengingatkan kepada peserta didik untuk bersungguh-sungguh mengikuti acara pelatihan menulis artikel. Terlebih, kegiatan tersebut kategori baru bagi anak-anak. Terlebih pasca pelatihan, mereka diminta mengamalkan dengan menulis agar bisa dipetik buahnya.
“Tolong setelah pelatihan, amalkan dengan menulis. Sebab, al-'Ilmu bila ‘amalin kassyajari bila tsamarin. Ilmu yang tidak diamalkan itu bagai pohon yang tidak berbuah” pungkasnya.
Selaku pemateri, Usman Roin yang merupakan Dosen Prodi PAI Unugiri dan penulis produktif 91 artikel publis di media cetak sejak 2012-2022, serta 63 artikel publis di media online sejak 2017-2022 memaparkan bila menulis baginya adalah seni mengomunikasikan apa yang ada di pikiran berwujud tulisan.
“Menulis itu mengalirkan apa yang ada di otak dengan menulis,” paparnya.
Secara detail, Usman yang dibantu M. Ainun Najib dan Putri Eka NS yang merupakan mahasiswa Prodi PAI menyampaikan mulai dari sistematika pengertian artikel, lalu alasan kenapa peserta didik dan guru perlu menulis artikel, ragam aplikasi gadget yang mudah digunakan menulis, strategi menulis artikel, hingga anatomi tulisan artikel dari awal hingga akhir.
Pasca pelatihan, peserta didik diminta untuk praktek menulis. Adapun, guru membuat tema tulisan artikel yang kemudian mendapat masukan dari narasumber hal apa saja yang ditulis.
Peliput: M. Ainun Najib dan Putri Eka NS
Editor: Man
Komentar menggunakan bahasa sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Redaksi berhak mengedit komentar apabila kurang layak tayang.