Satu-satunya di Indonesia, Berikut Fakta Fakultas Ekologi Manusia IPB

0
Website Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB). Foto Tangkapan layar.

Penulis: Fahita Safiraturahman (Volunteer Journalist, Mahasiswa IPB)

EDUKASIA.ID - Siapa sangka, Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki satu fakultas yang unik dan menarik, yaitu Fakultas Ekologi Manusia (FEMA). FEMA merupakan fakultas yang fokus pada bidang ekologi manusia, yaitu bidang ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial.

Saat ini fakultas milik IPB tersebut menjadi satu-satunya di Indonesia, selain yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, fakultas ini juga disebut sebagai yang ketiga di Asia Tenggara.

Seperti apa fakta-fakta FEMA yang menjadi satu-satunya di Indonesia itu, berikut ulasan EDUKASIA.ID yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

- Holistik Ekologi dan Sosial

Fakultas Ekologi Manusia IPB memiliki karakteristik yang unik yang membedakannya dari fakultas-fakultas lain di seluruh dunia. Keunikan ini tercermin dalam pendekatan holistik mereka terhadap isu-isu ekologi dan sosial.

Fakultas ini berfokus pada pemahaman yang mendalam tentang interaksi manusia dengan lingkungan alam, sekaligus menyadari peran penting kesejahteraan sosial dalam mencapai keberlanjutan.

Fakultas ini telah berhasil mengintegrasikan disiplin ilmu, seperti ekologi, antropologi, sosiolog, dan sejarah untuk merumuskan solusi komprehensif terhadap tantangan lingkungan. Mereka memahami bahwa perlindungan alam dan keberlanjutan sosial tidak dapat dipisahkan.

- Didirikan setelah IPB jadi BHMN

Pada tahun 2005, Institut Pertanian Bogor (IPB) mendirikan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA). Pendirian fakultas ini merupakan salah satu upaya IPB untuk menjawab tantangan era otonomi dengan status Badan Hukum Milik Negara (BHMN).

Pada era otonomi, perguruan tinggi negeri memiliki keleluasaan untuk mengelola dan mengembangkan dirinya sendiri. Hal ini menuntut perguruan tinggi negeri untuk memiliki kesiapan dan kemampuan dalam menghadapi persaingan global.

- Menaungi tiga program studi

Dengan mengintegrasikan berbagai bidang ilmu pengetahuan, saat ini Fakultas Ekologi Manusia IPB menaungi tiga program studi sarjana, yaitu Departemen Gizi Masyarakat, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), serta Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM).

Dengan menaungi tiga program studi tersebut juga dengan mengintegrasikan disiplin ilmu lainnya, FEMA mencoba masuk ke dalam klaster keilmuan lain, seperti ekonomi dan manajemen.

Bersama dengan Departemen Gizi Masyarakat, Departemen IKK, dan Departemen SKPM, FEMA mengajak mahasiswa untuk mempelajari interaksi manusia, masyarakat dan lingkungan kaitanya dengan lingkungan dan gizi.

- Fakultas baru namun banyak diminati calon mahasiswa

Meskipun tergolong fakultas baru, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) memiliki potensi untuk terus berkembang. Hal ini dikarenakan disiplin ilmu yang dipelajari di FEMA berkaitan langsung dengan lingkungan sosial manusia, yang merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia.

Dengan disiplin ilmu yang dipelajari, lulusan FEMA akan dibekali dengan keahlian yang dapat menjawab berbagai tantangan yang muncul di lingkungan sosial manusia.

Walaupun masih banyak orang yang merasa asing ketika mendengar nama FEMA, seringkali menjadi salah satu program studi dengan peminat terbanyak setiap tahunnya.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Komentar menggunakan bahasa sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Redaksi berhak mengedit komentar apabila kurang layak tayang.

Komentar menggunakan bahasa sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Redaksi berhak mengedit komentar apabila kurang layak tayang.

Posting Komentar (0)
Pixy Newspaper 11

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top