Abdimas UPN Veteran Jawa Timur Prioritaskan Literasi Numerasi Digital dan Akses Literatur e-book

Tim pengabdian masyarakat UPN Veteran Jawa Timur dalam program literasi di Batu, Malang. Jum'at (14/06/2024). Foto: ist

Batu. EDUKASIA.ID - Penguatan literasi, numerasi, dan akses literatur e-book di merupakan bagian yang penting dilakukan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Era Digital dan Era Disrupsi. Indonesia berada sangat jauh tertinggal dari negara-negara lainnya dalam hal kemampuan tersebut. 

Pemerintah dan juga pihak terkait (Sekolah, Perguruan Tinggi, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, serta Orang Tua) harus berperan serta dalam penguatan literasi, numerasi, dan akses literatur e-book bagi Peserta didik dan juga pendidik di Indonesia. Salah satu kegiatannya adalah mengintegrasikan kegiatan literasi, numerasi, dan akses literatur e-book dalam pembelajaran di Sekolah.

Kegiatan tersebut dilakukan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Timur yakni Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) yang berkesempatan untuk dapat mengimplementasikan butir ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian Masyarakat di SD Negeri Tulungrejo 02 Kota Batu, Jawa Timur. Jum'at (14/06/2024).

Ketua giat pengabdian masyarakat Rohmatul Faizah, M.Pd.,I menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi melalui penguatan literasi, numerasi, dan akses literatur e-book di SD Negeri Tulungrejo 02 Kota Batu, Jawa Timur. 

"Gerakan Penguatan literasi, numerasi, dan akses literatur e-book merupakan langkah inovatif dan adaptif dalam merespon perkembangan zaman serta menumbuhkan kembangkan literasi kepada para pendidik serta peserta didik dengan mengkolaborasikan metode konvensional dan modern sekaligus."ujarnya. 

Pendekatan modern berupa literasi digital serta akses literatur e-book menjadi point utama dalam kegiatan ini. Kegiatan tersebut sebagai wujud karakter pendidikan yang dinamis serta respon terhadap perubahan sosial..

Program penguatan literasi, numerasi, dan akses literatur e-book ini dilakukan melalui pemberian kemudahan akses literatur digital kepada para pendidik untuk membuka e-book agar membuka wawasan para pendidik, selain itu bagi peserta didik diberikan perlakuan berupa proses pembiasaan peserta didik untuk membaca 15 menit sebelum jam masuk sekolah, membiasakan peserta didik untuk membaca di dalam maupun di luar kelas sesuai jam yang telah ditentukan, menanamkan budaya literasi digital melalui platform literacycloud.org, dan pendampingan kegiatan membaca kepada peserta didik.

Pengabdian masyarakat ini menyajikan edukasi modern literasi digital dan pendampingan kegiatan membaca. Penguatan literasi, numerasi, dan akses literatur e-book bagi pendidik serta peserta didik menggunakan media elektronik sebagai respon atas dinamisasi edukasi. 

Selain itu, peserta didik juga didampingi untuk melakukan kegiatan membaca dengan dilakukan secara berkelompok sesuai jenjang pendidikan dan kemampuan peserta didik. Pendampingan peserta didik dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab pendidik kepada peserta didik agar mampu mengarah sesuai dengan indikator capaian yang diharapkan.

Pengabdian masyarakat melalui Penguatan literasi, numerasi, dan akses literatur e-book diharapkan mampu menginspirasi dan memberikan rangsangan dalam pembelajaran efektif dan menyenangkan sehingga peserta didik SD Negeri Tulungrejo 02 Kota Batu, Jawa Timur dapat beradaptasi dengan kehidupan modern untuk menciptakan inovasi pada bidang pendidikan di masa yang akan datang.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top