Perkuat Kearifan Lokal, Mahasiswa MHU UIN Walisongo Gelar Ziarah ke Sunan Gunung Jati

Rombongan Mahasiswa Manajemen Haji dan Umroh di Sunan Gunung Jati Cirebon. Rabu(19/06/2024). Foto: ist

Semarang. EDUKASIA.ID - Mahasiswa dari Program Studi Manajemen Haji dan Umrah (MHU), Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang melakukan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Jawa Barat. Rabu(19/06/2024). Agenda tersebut juga sebagai bagian dari rangkaian agenda Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Bandung.

Dalam agenda tersebut, sebanyak 89 mahasiswa yang didampingi juga oleh dosen pembimbing memperdalam pemahaman mereka tentang kearifan lokal dan sejarah Islam di Indonesia, khususnya peran Sunan Gunung Jati dalam penyebaran agama Islam di Jawa Barat pada abad ke-15 Masehi.

Ka Prodi MHU, Mustofa Hilmi, M.Sos, Plh, mengatakan, bahwa kegiatan ziarah tersebut tidak hanya sebagai kunjungan wisata sejarah, tetapi juga sebagai momen untuk memperkuat rasa cinta dan kebanggaan terhadap warisan budaya dan spiritual bangsa. 

"Kami ingin mahasiswa kami tidak hanya memahami teori di dalam kelas, tetapi juga merasakan langsung nilai-nilai keagamaan dan kearifan lokal yang menjadi bagian dari manajemen haji dan umrah," ujarnya.

Selama kunjungannya, mahasiswa juga melakukan sesi berdoa bersama sebagai bentuk penghormatan kepada Sunan Gunung Jati dan nilai-nilai yang diajarkan. Mereka menyadari pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam praktik manajemen haji dan umrah, sebagai bagian penting dari pendidikan mereka di UIN Walisongo Semarang.

Kegiatan ziarah ke Sunan Gunung Jati tersbut diharapkan dapat memberikan perspektif yang lebih luas bagi mahasiswa tentang bagaimana mengelola perjalanan haji dan umrah dengan mempertimbangkan nilai-nilai budaya dan spiritualitas yang kaya di Indonesia. 

Program KKL tersebut dilanjutkan dengan menjelajahi lebih lanjut berbagai aspek praktik manajemen haji dan umrah di berbagai lokasi di Jawa Barat.

Kunjungan tersebut tidak hanya memperkaya pengalaman akademis, akan tetapi juga memberikan pengalaman mendalam tentang kekayaan sejarah dan kearifan lokal kepada mahasiswa UIN Walisongo Semarang, yang diharapkan akan membantu mereka menjadi pemimpin yang lebih baik dalam industri manajemen haji dan umrah di masa depan.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top