Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo Turut Ramaikan Tradisi Sedekah Laut di Kumpulrejo Kendal


Dokumentasi Kegiatan Tradisi Sedekah Laut Desa Kumpulrejo Kendal

Kendal. EDUKASIA.ID - Sebagai wujud bentuk rasa syukur atas hasil laut yang melimpah, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) Posko 136 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo turut mengikuti tradisi sedekah laut yang digelar oleh warga di Desa Kumpulrejo, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Minggu (21/07/2024).

"Sedekah laut ini merupakan cara kami untuk bersyukur kepada Tuhan atas rezeki yang diberikan dari laut," ujar salah satu warga Desa Kumpulrejo.

Kegiatan sedekah laut merupakan bentuk penghormatan dan rasa syukur kepada laut sebagai sumber penghidupan bagi masyarakat pesisir. Tradisi tersebut menggambarkan keterikatan yang kuat antara manusia dengan alam, serta doa dan harapan agar hasil laut tetap melimpah dan berkah.

Pada pelaksaannya, kegiatan diawali dengan warga desa menaiki perahu dari jembatan Mbiru menuju ke arah tengah laut. Kemudian mereka menemukan sebuah perahu kecil yang menjadi titik pusat acara. Setelah itu, perahu yang dinaiki warga mengitari perahu kecil tersebut sebagai simbol penghormatan.

Selanjutnya, perahu-perahu yang membawa warga tersebut kembali berjalan hingga tiba waktunya mesin perahu dimatikan. Pada momen tersebut, warga Desa Kumpulrejo bersama-sama menikmati hidangan di atas prau sebagai simbol rasa syukur.

Salah satu mahasiswa KKN mengatakan bahwa ia merasa senang mengikuti kegiatan tradisi sedekah laut tersebut.

"Saya sangat senang bisa ikut serta dalam acara ini. Selain mempererat hubungan dengan masyarakat, kami juga belajar banyak tentang tradisi lokal dan rasa syukur yang diwujudkan melalui sedekah laut," ujarnya.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top