Mahasiswa KKN Moderasi Beragama Posko 88 dan Warga Cluluk Gelar Kerja Bakti dan Pemasangan Kotak Amal

Kerja bakti dan pemasangan kotak amal oleh Mahasiswa KKN MB Posko 88 yang bekerjasama dengan warga sekitar Desa Sidorejo. Jumat (26/07/2024). Foto: ist


Batang. EDUKASIA.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama (MB) Posko 88 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, bekerjasama dengan warga dusun Cluluk, Desa Sidorejo, Kecamatan Warungasem, Batang melaksanakan kegiatan kerja bakti dan pemasangan kotak amal, papan nama, serta penunjuk arah di sekitar Belik Cluluk. 

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kebersihan, kenyamanan, dan keindahan lingkungan, serta mempererat hubungan sosial antar warga melalui gotong royong tersebut digelar pada hari Jum'at, (26 /07/2024).

Muhamad Ridlo Iqbal, Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, menjelaskan bahwa proses pemasangan kotak amal dilakukan dengan pemilihan lokasi strategis, persiapan bahan dan alat yang diperlukan, serta pemasangan dengan memperhatikan aspek keamanan dan kemudahan akses bagi masyarakat.

"Kami juga memberikan informasi kepada warga mengenai tujuan dan cara penggunaan kotak amal tersebut," tambah Ridlo.

Manfaat dari pemasangan kotak amal ini bagi masyarakat sekitar antara lain mengumpulkan dana untuk perbaikan dan pemeliharaan fasilitas umum dan meningkatkan rasa kepedulian dan solidaritas antar warga.

Antusiasme masyarakat dalam kegiatan kerja bakti cukup tinggi, dengan banyak warga yang terlibat dan berpartisipasi aktif.

"Harapan kami adalah agar masyarakat lebih peduli dan aktif dalam menjaga serta memelihara fasilitas umum. Selain itu, kami berharap dana yang terkumpul dapat digunakan secara efektif untuk berbagai kebutuhan masyarakat, serta papan nama dapat menjadi identitas dan kebanggaan warga setempat," jelas Ridlo.

Salah satu warga dusun Cluluk, Sohirun yang akrab dipanggil Mbah Run, mengungkapkan kebahagiaannya atas inisiatif mahasiswa KKN ini.

"Saya merasa senang dan sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKN yang memberikan kotak amal, papan nama, dan penunjuk arah. Perencanaan pembentukan kotak amal sebenarnya sudah sejak lama diinginkan. Warga sangat antusias saat kerja bakti dan pemasangan kotak amal. Nantinya uang yang terkumpul di kotak amal akan digunakan untuk merenovasi Belik Cluluk," ujar Mbah Run.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Dusun Cluluk dapat menjadi lingkungan yang lebih bersih, nyaman, dan indah, serta memiliki fasilitas yang terawat dengan baik. Mahasiswa KKN UIN Walisongo dan warga dusun Cluluk berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top