Pererat Keharmonisan, Mahasiswa KKN Walisongo Ikut Rayakan Maal Hijrah di Yala

Perayaan Maal Hijrah di Thamavitya Mulniti School, Yala, Thailand. Sabtu(27/07/2024). Foto: ist

Yala. EDUKASIA.ID - Suasana penuh kegembiraan dan keakraban terlihat dalam perayaan Maal Hijrah atau peringatan Tahun Baru Islam yang berlangsung di Thamavitya Mulniti School, Yala, Thailand. Sabtu(27/07/2024) Kegiatan tersebut dihadiri dan diwarnai oleh kontribusi nyata mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional dari UIN Walisongo Semarang. 

Acara yang mengangkat tema "Warga Berilmu, Masyarakat Berpadu, Bangsa Terbina" tersebut dibuka oleh Ketua Majelis Agama Islam Yala, Tuan Guru Haji Abdul Basit bin Alm. Haji Mahmud. 

Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya semangat belajar dan menuntut ilmu untuk mencapai kejayaan dunia dan akhirat.

Salah satu kegiatan puncak dalam perayaan Maal Hijrah adalah pembuatan bubur Asyuro, sebuah hidangan tradisional yang kaya akan makna. Mahasiswa KKN UIN Walisongo tidak hanya ikut terlibat, namun juga berkolaborasi erat dengan masyarakat setempat dalam proses pembuatannya. Kebersamaan ini tidak hanya melestarikan budaya lokal, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antara civitas akademika dan warga Yala.

"Kehadiran mahasiswa KKN UIN Walisongo membawa warna baru dan semangat segar dalam perayaan Maal Hijrah ini. Kolaborasi yang terjalin begitu erat antara mereka dan masyarakat lokal mencerminkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghargai," ungkap ustadzah fitri seorang guru di Thamavitya Mulniti School.

Selain pembuatan bubur Asyuro, mahasiswa KKN juga berkontribusi dalam berbagai rangkaian acara lainnya, seperti pameran ilmiah, pertunjukan seni, dan kegiatan kompetitif bagi siswa-siswi Thamavitya Mulniti School. Keterlibatan aktif mahasiswa telah memperkaya acara dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

"Kami merasa sangat terhormat dapat terlibat dalam perayaan Maal Hijrah di Yala. Ini menjadi kesempatan bagi kami untuk tidak hanya belajar, namun juga berkontribusi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Kami berharap kehadiran kami dapat mempererat tali silaturahmi dan memperkuat semangat kebersamaan," ungkap Firdia, salah seorang mahasiswa KKN UIN Walisongo.

Perayaan Maal Hijrah di Thamavitya Mulniti School tahun ini telah berhasil menyatukan mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang dan warga setempat dalam suasana penuh keakraban dan keharmonisan. 

Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memupuk rasa kebanggaan sebagai umat Muslim dan mendorong semangat untuk terus belajar, berinovasi, dan berkarya demi kemajuan bersama.Selain itu, kolaborasi yang terjalin juga diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi pengembangan program KKN di masa mendatang.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top