Tips Mengelola Keuangan Agar Terhindar dari Perilaku Konsumtif


Ilustrasi Mengelola Keuangan. Foto: Pinterest

Penulis: Fitri Arifah (Mahasiswa UIN Walisongo Semarang)

EDUKASIA.ID - Terkadang manusia cenderung memiliki kebiasaan boros ketika sedang memiliki banyak uang. Membeli barang-barang yang terkadang tidak terlalu penting hanya untuk menuruti perilaku konsumtifnya kemudian menyesal jika uang yang didapatnya telah menipis.

Terlena atau ajang self reward menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang cenderung menjadi boros dalam membelanjakan uang. Mengatur keuangan masih menjadi hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang.

Melansir dari Better Money Habits, berikut beberapa tips mengatur keuangan agar terhindar dari sikap boros:

1. List Kebutuhan dan Rencana Pengeluaran

Membuat list kebutuhan dan rencara pengeluaran dapat membantu Anda untuk meminimalisir pengeluaran yang berlebihan karena daftar pengeluaran telah terorganisir sehingga dapat mencegah datangnya pemborosan uang.

2. Membuat Anggaran Pengeluaran Dana


Pengeluaran yang diperlukan setiap bulannya alangkah lebih baiknya memiliki perhitungan khusus dengan membuat anggaran pengeluaran dana agar tidak melebihi bujet yang akan menimbulkan sikap konsumtif dan boros.

3. Menentukan Prioritas Keuangan


Langkah lain yaitu menentukan prioritas keuangan. Hemat bukan berarti tidak boleh membeli sesuatu yang kita inginkan, melainkan mendahulukan membeli suatu kebutuhandan jika ada sisa baru kemudian membeli sesuatu yang kita inginkan.

4. Selalu Menerapkan Hidup Hemat


Jika Anda belum pernah menerapkan hidup hemat, Anda dapat memulainya dengan memaksa diri Anda terlebih dahulu secara berulang-ulang agar nantinya dapat menjadi sebuah kebiasaan.

5. Tidak Bersikap Konsumtif dan Fomo


Fomo atau Fear Of Missing Out yang biasa diartikan sebagai fenomena ketika seseorang takut tertinggal trend dapat menjadi faktor seseorang menjadi boros dalam membelanjakan uang. Untuk mengatasi hal tersebut, sikap fomo perlu dihindari karena dapat memicu pemborosan.

6. Menetapkan Tujuan Untuk Menabung


Menabung dengan menyisihkan sedikit uang menjadi hal yang sangat tepat untuk dilakukan jika Anda ingin mengelola keuangan Anda dengan baik.

7. Menikmati Hidup Secara Sederhana


Selalu merasa bersyukur dan tidak berlebihan dalam segala hal dapat membantu Anda untuk dapat menikmati hidup secara sederhana. Hidup secara sederhana dan tidak bergaya hidup secara hedon menjadi solusi terbaik untuk dapat mengelola keuangan dengan baik.

Ulasan di atas merupakan tips untuk dapat mengelola uang dengan baik. Semoga bermanfaat.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top