Tim KKN UIN Walisongo Desa Kumpulrejo Gelar Posyandu Lansia dan Balita

Kolaborasi Mahasiswa dan Masyarakat dalam Posyandu Desa Kumpulrejo. Sabtu(13/07/2024). Foto: ist.

Kendal. EDUKASIA.ID - Kolaborasi masyarakat Desa Kumpulrejo bersama mahasiswa KKN UIN Walisongo 105 yang bersemangat untuk meningkatkan kesehatan balita dan lansia. Sinergi tersebut bertujuan memperkuat peran posyandu dalam memberdayakan kesehatan generasi muda dan lanjut usia. Sabtu (13/07/2024) 

Posyandu Desa Kumpulrejo yang telah berdiri lama tersebut menyelenggarakan kegiatannya di empat RW setiap bulan sekali yang menyediakan beragam layanan kesehatan. Mulai dari pengukuran tinggi dan berat badan, lingkar kepala, hingga cek gula darah untuk orang tua produktif dan konsultasi kesehatan bagi lansia.

Kolaborasi KKN dan Posko 105 UIN Walisongo mencakup sosialisasi dan penyuluhan kepada warga untuk memastikan program yang diimplementasikan memberikan dampak positif yang signifikan. Namun, masih terdapat beberapa kendala.

Dwi, salah satu warga berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan masyarakat Desa Kumpulrejo, khususnya balita dan lansia. Semangat untuk melanjutkan upaya positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat pun semakin menguat.  

"Kendalanya. ada beberapa warga yang enggan membawa anaknya ke posyandu, mungkin karena rewel atau karena anaknya diasuh oleh warga lain sehingga tidak terdata di Desa Kumpulrejo. Selain itu, SDM untuk ibu balita juga kurang. Posyandu seharusnya menjadi tempat konsultasi kesehatan, bukan hanya menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, dan mendapatkan jajan saja." ujarnya

Kolaborasi KKN MIT-18 dan Posko 105 UIN Walisongo menjadi contoh nyata peran aktif perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, serta memperkuat implementasi program-program kesehatan seperti Posyandu di tingkat lokal.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top