Adi Ginanjar di Edukasia.id Soroti Pentingnya Lead dalam Penulisan Naratif Media Online

Pembekalan peserta magang 'Volunteer Jurnalist Batch#2' lewat daring, Jumat (9/08/24).

Penulis: Tim Volunteer Jurnalist Batch#2

Semarang. EDUKASIA.ID - Edukasia.id mengadakan pembekalan secara virtual pada peserta magang 'Volunteer Jurnalist Batch#2 Talk' dengan materi Straight News, dengan menghadirkan Penanggung Jawab Editorial Ayobandung.id, Adi Ginanjar, Jumat (9/08/24).

Kepada peserta magang yang rata-rata aktivis pers kampus itu, Adi Ginanjar menyampaikan, saat ini banyak media online meninggalkan metode penulisan piramida terbalik yang lazim digunakan dalam berita straight news. 

"Sekarang, media online lebih memilih gaya penulisan yang naratif, sehingga setiap paragraf dalam berita dianggap penting oleh pembaca," ujarnya.

Ia menekankan bahwa lead berita kini menjadi elemen kunci dalam menyajikan berita yang menarik. Menurutnya, penulisan lead yang efektif, terutama di media online, sangat krusial untuk menarik perhatian pembaca sejak awal. 

"Lead berita adalah tolak ukur paling penting untuk membuat berita lebih menarik dan mampu mengundang pembaca untuk terus membaca," tambahnya.

Di sela-sela materi, Adi memberi kesempatan pada peserta untuk membuat lead berita, kemudian ia eksplore dan koreksi bersama-sama.

Pada akhir sesi, pria yang belum lama ini menjadi anggota Media Center Haji (MCH) tersebut berpesan, agar menambah pengalaman dalam kepenulisan, diperlukan jam terbang untuk menghasilkan tulisan yang baik. 

"Dalam menulis berita yang baik memang butuh jam terbang yang tinggi," pungkasnya.

Selain straight news, Adi juga menjelaskan sekilas tentang bentuk tulisan lain, seperti feature, opini, artikel, dan juga berita foto.

Sebagai informasi, program magang 'Volunteer Journalist Batch #2' ini merupakan lanjutan dari program magang EDUKASIA.ID sebelumnya, program ini dijadwalkan berlangsung selama 3 bulan, mulai 9 Agustus 2024 s.d. 8 Oktober 2024.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top