Mahasiswa KKN MIT 18 Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk di Pagerdawung Kendal

 

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bersama kader PKK Desa Pagerdawung dan Puskesmas Ringinarum melalukan kegiatan PSN, Jum’at (02/08/2024)

Kendal. EDUKASIA.ID- Dalam rangka mengantisipasi meluasnya penyebaran virus dengue (demam berdarah) yang ditularkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti, UPT Puskesmas Ringinarum, kader PKK, perangkat desa, bidan desa, dan mahasiswa KKN MIT ke-18 UIN Walisongo Semarang posko 54 melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Dusun Dermani RT 01 sampai RT 04. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan untuk tahun ini dilaksanakan pada bulan Maret dan Agustus. Ibu Kepala Desa selaku ketua TP PKK Desa Pagerdawung, Fitri Handayani, membuka acara ini. 

Fitri menjelaskan proses jalannya kegiatan, dilanjutkan pembagian kelompok untuk mengikuti pengecekan rumah per-RT. 

"Pengecekkan dilakukan dari rumah ke rumah, dimulai dari pengecekkan tempat penampungan air, saluran air, dan tempat penampungan barang bekas," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahaya dan penyebab DBD dan merupakan salah satu masalah kesehatan yang  cukup serius sehingga dapat mengancam nyawa orang.

“Terjadinya DBD biasanya disebabkan oleh genangan air yang tidak ditutup serta barang-barang bekas yang tidak dikubur. Apabila hal ini tidak ditangani dengan baik, demam berdarah bisa menyebabkan komplikasi yang cukup parah, bahkan berpotensi menyebabkan kematian” tambahnya

Ditemukan bahwa terdapat jentik-jentik nyamuk di RT 2 yaitu 1 rumah, RT 3 terdapat 5 rumah, dan RT 4 terdapat 2 rumah. Bidan Desa Pagerdawung dan kader PKK, Ibu Evi Erisanti, turut memberi edukasi kepada tiap-tiap rumah yang terdapat genangan air dan jentik-jentik nyamuk.

“Pak ini terdapat jentik-jentik nyamuk di bagian pojok bak air, untuk kedepannya bisa lebih rutin untuk menguras baknya ya, jentik-jentik yang dibiarkan nanti bisa berkembang biak dan dapat menyebabkan Demam Berdarah Dangue (DBD)” ujarnya. 

Tim KKN posko 54 juga turut berterimakasih karena diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan PSN ini sebagai wadah untuk mencari pengalaman dan pengetahuan dalam menjaga kebersihan lingkungan di masyarakat.

Aliffa Istiazzaroh, salah satu tim kkn mengungkapkan sangat senang saat membantu jalannya acara PSN ini.

“Kami dari tim KKN sangat senang bisa ikut serta dalam kegiatan PSN ini, kita disini ikut belajar dan membantu kegiatan jalannya PSN ini. Kami juga ingin masyarakat sehat semua tanpa ada kasus DBD lagi kedepannya” ungkapnya.

Kegiatan pemberantasan sarang nyamuk yang dilakukan oleh PKK Desa Pagerdawung dan Puskesmas Ringinarum menunjukkan rasa peduli serta pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan warga sekitar, semoga untuk kedepannya dapat meningkatkan kebersihan demi terciptanya lingkungan yang sehat dan bebas dari penyakit.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top