Inilah 4 Kerajaan di Indonesia yang Masih Berdiri Hingga Sekarang

 

Kawasan Keraton Ngayogyakarta. Foto: Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta

Penulis: Mg Rizki Gojali

EDUKASIA.ID - Sebelum menjadi negara yang mandiri, dahulu masyarakat Indonesia terpisah-pisah menjadi sebuah kerajaan-kerajaan. Bahkan kerajaan-kerajaan Indonesia saat itu dapat menguasai Asia Tenggara.

Kerajaan Majapahit menjadi kerajaan yang terkenal di Jawa, ada Kerajaan Padjajaran di Sunda, kemudian ada banyak lagi kerajaan-kerajaan terkenal lain yang tersebar di penjuru wilayah Indonesia.

Setelah kedatangan Belanda, kerajaan-kerajaan tersebut mulai melebur dan mengesampingkan identitas kedaerahannya untuk menjadi satu sebagai negara Indonesia demi menjadi rakyat yang merdeka.

Hingga saat ini ada beberapa kerajaan yang masih berdiri dan bertahan, walaupun saat ini telah menjadi bagian dari Indonesia, tetapi keberadaan kerajaan tersebut membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang majemuk dan kaya akan budaya.

Kerajaan-kerajaan yang masih berdiri hingga saat ini antara lain:

1. Kerajaan Ngayogyakarta

Kesultanan Ngayogyakarta atau Kesultanan Yogyakarta menjadi kerajaan yang masih berdiri hingga saat ini.

Kesultanan Yogyakarta sendiri dipimpin oleh seorang raja yang bergelar Sultan. Tahta Kesultanan Yogyakarta saat ini dipegang oleh Sri Sultan Hamengku Buwana X.

Saat ini Kesultanan Yogyakarta berkedudukan di Yogyakarta yang mana memiliki peraturan khusus menjadi Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. Kesultanan Yogyakarta merupakan pecahan dari Kerajaan Mataram Islam pada 1755 melalui Perjanjian Giyanti.

2. Kasunanan Surakarta

Kasunanan Surakarta menjadi kerajaan kedua dari pecahan Kerajaan Mataram Islam melalui Perjanjian Giyanti. 

Dapat dikatakan Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta menjadi dua saudara yang terpisah akibat campur tangan Belanda.

Saat ini Kasunanan Surakarta saat ini dipimpin oleh Sri Susuhunan Pakubuwana XIII dan bertempat di Surakarta, Solo, Jawa Tengah.

3. Kesultanan Kasepuhan Cirebon

Kesultanan Cirebon menjadi salah satu kerajaan di Indonesia yang saat ini masih berdiri di bawah Sultan Sepun Jaenuddin II Aria Natareja. Kesultanan Cirebon didirikan oleh Pangeran Mas Zainul Arifin pada tahun 1529.

4. Kesultanan Ternate

Dikenal juga sebagai Kerajaan Gapi, Kerajaan Ternate terkenal sebagai kerajaan Islam yang ada di Kepulauan Maluku. 

Didirikan pada 1257 oleh Baab Mashur, saat ini Kesultanan Tidore masih berdiri di bawah tahta Hidayatulla Syah sebagai Sultan Ternate ke-49.

Demikianlah beberapa kerajaan Indonesia yang masih berdiri hingga saat ini. Keberaadan kerajaan ini menjadi simbol perjuangan rakyat saat melawan para penjajah dahulu.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top