Mengenal Jenis-jenis Berita dalam Karya Jurnalistik

 

Ilustrasi media massa. Foto Pixabay.

Penulis: Mg Siti Nurhaliza Safitri

EDUKASIA.ID - Berita merupakan salah satu produk jurnalistik yang populer di kalangan masyarakat. Menurut Asep Romli, berita adalah sajian utama dalam sebuah media massa di samping views atau opini. 

Sementara dalam buku Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita oleh Sedia Willing Barus, dijelaskan bahwa berita merupakan segala bentuk laporan mengenai peristiwa, kejadian, serta fakta yang menarik perhatian dan penting untuk dimuat dalam media massa agar diketahui masyarakat luas.

Dalam dunia jurnalistik sendiri, berita dapat dibedakan menjadi empat macam, di antaranya yaitu:

1. Straight News

Straight News adalah laporan kejadian yang harus disajikan serta dilaporkan kepada khalayak dengan cepat, bersifat informatif, berisi pokok-pokok berita, singkat namun dapat menjawab unsur 5W (What, Where, When, Why, Who) + 1H (How) dari berita.

Straight News sendiri dibagi menjadi dua macam, yakni hard news dan soft news. 

Hard news berisi berita penting atau signifikan bagi sejumlah orang, seperti berita kegiatan pemerintah, politik, pendidikan, agama, hingga hubungan internasional. 

Sementara soft news merupakan berita yang menyangkut aspek kemanusiaan serta menarik minat banyak orang, seperti hiburan, gaya hidup, fashion, dan sebagainya.

2. Feature

Menurut Haris Sumadiria, feature merupakan cerita atau karangan khas yang berpijak pada fakta dan data yang diperoleh melalui proses jurnalistik. 

Berbeda dengan straight news, penyampaian fakta dalam feature diolah dengan gaya bahasa yang khas, sehingga pembaca seolah-olah sedang membaca sebuah cerita.

Dengan itu, selain menyampaikan informasi, feature juga memiliki tujuan untuk menghibur khalayak, sehingga penulis harus memiliki kreativitas dalam mengolah karya jurnalistik yang satu ini. 

3. Opini

Secara umum, opini merupakan pendapat, penilaian, atau pandangan subjektif seseorang mengenai suatu hal atau peristiwa. 

Dalam jurnalistik sendiri, opini merupakan salah satu produk berupa artikel yang memaparkan pandangan, gagasan, pendapat, serta kritik penulis terhadap suatu peristiwa yang sedang berkembang dalam masyarakat. 

Walau bersifat subjektif, opini harus ditulis menggunakan bahasa yang santun dan tidak memiliki tujuan persuasif.

4. Berita Foto

Berita foto atau dikenal juga dengan istilah fotografi jurnalistik adalah proses melaporkan suatu kejadian menggunakan medium foto sebagai pelengkap sebuah berita. 

Sebagaimana pelaporan berita dalam bentuk tulisan, maka dalam fotografi jurnalistik pun kaidah 5W+1H tetap berlaku agar pesan yang disampaikan jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Berdasarkan standar World Press Photo, terdapat beberapa kategori dalam foto jurnalistik, di antaranya adalah foto berita spot (spot news), foto berita umum (general news), foto berita alam dan lingkungan (nature and environment), foto potret (people in news), foto iptek (science and technology), foto keseharian (daily life), foto olahraga (sports), foto seni dan budaya (arts), serta foto ilustrasi.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top