Ragam Istilah dalam Perkuliahan, Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Ilustrasi mahasiswa tengah mengikuti perkuliahan. (Foto: pixabay).

Penulis: Mg Siti Nurhaliza Safitri

EDUKASIA.ID - Memasuki pertengahan tahun, mahasiswa baru mulai menjalani perkuliahan di tahun ajaran 2024/2025. Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan masa sekolah, mulai dari proses pembelajarannya hingga istilah yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Agar tidak bingung ketika mulai memasuki kuliah, yuk, simak arti dari istilah-istilah yang sering digunakan oleh mahasiswa!

Beban Studi

Jumlah satuan kredit semester (SKS) yang diambil oleh mahasiswa dalam satu semester. Biasanya, dalam satu semester mahasiswa diperbolehkan mengambil hingga 24 SKS tergantung ketentuan kampus masing-masing.

SKS

Satuan kredit mahasiswa atau lebih dikenal dengan SKS menandakan durasi belajar suatu mata kuliah. Bila 1 SKS sama dengan 40 menit, jika salah satu mata kuliah memiliki bobot 3 SKS, maka pembelajaran akan berlangsung selama 120 menit atau 2 jam dalam satu minggu.

KRS

Kartu Rencana Studi yang berisi rencana mata kuliah apa saja yang akan diambil dalam satu semester. KRS bisa diisi oleh mahasiswa setiap awal semester yang akan disetujui oleh dosen pembimbing akademik.

IP

Indeks Prestasi merupakan total nilai yang didapatkan oleh mahasiswa dalam satu semester. IP diukur dari jumlah nilai kredit mata kuliah yang diambil, dikalikan dengan bobot masing-masing mata kuliah, dibagi dengan jumlah nilai kredit mata kuliah.

IPK

Indeks Prestasi Kumulatif yakni hasil penggabungan nilai mahasiswa dari seluruh semester yang pernah ditempuh. IPK nantinya akan digunakan sebagai predikat kelulusan seorang mahasiswa.

Predikat Kelulusan

Pernyataan mengenai hasil ujian, terdiri dari tiga tingkat yang dinyatakan dalam transkrip akademik sebagai berikut:

IPK 2,00 – 2,75 = Memuaskan

IPK 2,76 – 3,50 = Sangat Memuaskan

IPK 3,51 – 4,00 = Cum Laude (Dengan Pujian)

Predikat Cum Laude ditentukan dengan masa studi maksimum 3,5 tahun atau 7 semester.

UKT

Uang Kuliah Tunggal yang dibebankan pada mahasiswa dan harus dibayar setiap semester.

Rektor

Pimpinan tertinggi dalam suatu kampus sekaligus pejabat yang membantu Menteri Pendidikan.

Dekan

Dekan merupakan pimpinan tertinggi dalam suatu fakultas.

Kaprodi

Kepala program studi atau dikenal juga sebagai kepala jurusan, yaitu pimpinan tertinggi dalam sebuah jurusan.

Dosen

Tenaga pengajar di sebuah perguruan tinggi dengan tugas utama mengajar, membimbing, dan melatih mahasiswa sesuai dengan program studi yang mereka ambil agar dapat mengabdi pada masyarakat.

Dosen Pembimbing Akademik

Dosen yang ditugaskan untuk mendampingi sekaligus memberi konsultasi akademis kepada mahasiswa selama masa kuliah berlangsung, termasuk menyusun rencana studi dan memberi pertimbangan dalam memilih mata kuliah serta jumlah SKS yang akan diambil.

BEM

Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan organisasi internal kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat pendidikan. BEM terbagi menjadi dua, yakni di tingkat universitas dan juga tingkat fakultas.

HIMA

Himpunan Mahasiswa adalah organisasi mahasiswa di tingkat jurusan dalam sebuah perguruan tinggi. HIMA bisa dibilang sebagai OSIS-nya perkuliahan.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top