Sejarah Olympic Games dari Masa ke Masa

Ilustrasi logo olimpiade. Foto: Budapest Business Journal.

Penulis: Mg. Siti Nurhaliza Safitri

EDUKASIA.ID - Olimpiade Paris 2024 baru saja berakhir 11 Agustus lalu. Pertandingan Olimpiade merupakan pertandingan olahraga berskala internasional yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak 1896.

Pertandingan Olimpiade adalah salah satu pertandingan olahraga tertua yang rupanya terinspirasi dari olimpiade bangsa Yunani kuno. Olimpiade kuno berlangsung pada 776 SM di Olympia, Yunani sebagai bentuk persembahan terhadap Dewa Zeus.S

Sebanyak kurang lebih 50.000 orang dari seluruh belahan dunia datang untuk menonton sekaligus berpartisipasi sebagai delegasi dalam pertandingan tersebut.

Merujuk dari laman resmi Olympics, adapun lomba-lomba yang dipertandingkan pada olimpiade kuno adalah lari, lompat jauh, tolak peluru, lempar lembing, tinju, pankration, dan berkuda.

Saat olimpiade kuno berlangsung, pemenang tidak dihadiahi medali emas, perak, atau perunggu, melainkan karangan daun serta sambutan meriah ketika para atlet pulang ke negaranya masing-masing.

Walau begitu, para atlet tetap berlomba-lomba untuk meraih kemenangan sebab mereka akan dihargai sebagai pahlawan ketika berhasil membawa kemenangan.

Selain untuk menonton pertandingan, para pengunjung juga berkeinginan untuk melihat Kuil Zeus, sebab inti dari acara ini didedikasikan untuk dewa tersebut.

Pada hari ketiga pertandingan, sebanyak 100 ekor sapi akan dikorbankan dan diletakan di atas mezbah Zeus.

Pada abad ke-19, seorang sejarawan asal Perancis bernama Baron Pierre de Coubertin mengusulkan untuk menyelenggarakan Olimpiade di era modern.

Olimpiade modern berhasil diselenggarakan pada Kongres Olimpiade pertama di Grand Amphitheatre, Universitas Sorbonne, Perancis dari tanggal 16 hingga 23 Juni 1894.

Sejak saat itu, olimpiade terlahir kembali dan dibentuklah International Olympic Committee (IOC) untuk menyelenggarakan Olimpiade setiap empat tahun sekali.

Adapun logo yang dibuat berupa lima cincin yang merepresentasikan persatuan lima benua sekaligus melambangkan pertemuan atlet dari seluruh dunia selama Olimpiade berlangsung.

Sementara motto Olimpiade sendiri terdiri dari tiga kata bahasa latin, yaitu citius, altius, fortius yang berarti faster, higher, stronger.

Dengan itu, Olimpiade diharapkan dapat memancarkan tiga nilai inti dari ajang olahraga ini, yaitu keunggulan, rasa hormat, dan persahabatan.


buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top