Dorong Literasi Digital, UIN Walisongo Helat 'Mlandi Goes To Diskominfo'

 

Aktifitas peserta 'Mlandi Goes To Diskominfo' di Kantor Diskominfo Wonosobo, Selasa (3/9/2024). Foto Ist. 

Wonosobo. EDUKASIA.ID - 15 orang perwakilan Pemerintah Desa Mlandi Wonosobo, UMKM setempat, tim media sosial dan tim website Desa Mlandi mengikuti kegiatan 'Mlandi Goes To Diskominfo' di Kantor Diskominfo Wonosobo, Selasa (3/9/2024). 

Kegiatan itu merupakan salah satu wujud implementasi kerjasama Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang bertujuan memberikan pendampingan Literasi Digital di Desa Mlandi. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Wonosobo, Fahmi Hidayat, dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan pertama kali. 

Menurutnya, kunjungan ini merupakan bentuk keterbukaan informasi dan mewujudkan Diskominfo yang Handal. 

"Kunjungan diawali dengan room tour di beberapa bidang yang dikelola oleh Diskominfo seperti informasi publik, aduan bupati, server dan media serta mengedukasi masyarakat tentang literasi digital,” ungkap Fahmi Hidayat.

Dirinya mempersilahkan peserta menyerap informasi sebanyak banyaknya. Peserta bisa mengikuti room tour peserta, juga belajar tentang coding, pembuatan platform dan pembuatan konten baik di podcast di webtv dan pesona radio.

Sementara itu, Ketua Tim  Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Walisongo Nilnan Ni'mah, menyampaikan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan tahunan jurusan komunikasi dan penyiaran Islam. 

"Pengabdian kepada masyarakat dipilih di Wonosobo karena adanya potensi wisata yang ada disana, salah satunya adalah Swiss Van Java. Kami berusaha memberikan pendampingan kepada pemuda dan pemdes serta penguatan literasi digital,” ujar Nilnan Ni'mah. 

Kegiatan kolaborasi dengan Diskominfo Wonosobo itu menurutnya merupakan lanjutan dari pengabdian yang sebelumnya dilaksanakan di Bulan Juni. 

Syifa, salah satu peserta pelatihan menyampaikan dirinya mendapat banyak ilmu. 

“Mulai dari belajar tentang podcast. Meski kurang prepare, kami bisa menyerap ilmu. Kelas medsos di balik layar. Belajar di depan layar. Mengambil gambar dari kamera besar. Banyak menyerap ilmu, tahu web Wonosobo yang dibanggakan. Web tv tahu potensi desa , banyak info yg kami dapatkan," ungkapnya.

Sebelumnya, juga terlaksana kegiatan Focus Group Discussion dan Penguatan Literasi Digital Desa Mlandi.  

Pengabdian ini juga merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dalam mewujudkan keterbukaan informasi desa dengan memberikan pelatihan literasi digital.

Kegiatan ditutup dengan penyampaian materi dari  Dimas Choirullah tentang tips membuat konten yang menarik. Beberapa diantaranya adalah info tentang biodata, penggunaan caption dan hastag serta konsisten dalam membuat konten.


buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top