Hobi Membaca? Berikut Rekomendasi Komunitas Baca Buku di Indonesia

Ilustrasi membaca buku. Foto Pixabay 

EDUKASIA.ID - Sebagai manusia moderen, aktivitas membaca tentu saja sudah menjadi 'makanan' sehari-hari. Setelah bangun tidur, biasanya reflek mencari HP untuk mengecek apakah ada pesan penting yang masuk.

Kemudian scroll media sosial untuk tahu update info terkini. Atau dengan sadar membuka situs portal berita agar mengetahui berita terhangat.

Tapi taukah bahwa minat baca di Indonesia tergolong rendah? Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua dari bawah dengan minat baca yang rendah.

Data UNESCO menyebutkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001% . Artinya dari 1000 orang Indonesia, hanya ada 1 orang yang rajin membaca.

Meski demikian, maraknya komunitas baca buku tampak menjadi angin segar bagi tingkat minat baca di Indonesia. Komunitas yang digagas oleh para pecinta buku ini tentu dapat meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia.

Ada banyak sekali komunitas baca buku yang ada di Indonesia, berikut referensi komunitas membaca yang dapat menajdi inspirasi:

1. Indonesia Book Party

Indonesia Book Party dibentuk pada 22 Oktober 2023 oleh Samuel Pandiangan dan empat temannya. Bermula dari keresahan terhadap orang lain yang memandang sebelah mata kegiatan membaca buku.

Indonesia Book Party memiliki konsep membaca yang asik seperti membaca sambil piknik. Sekarang ini, Indonesia Book Party sudah tersebar di 30 titik di Indonesia.

Wow, keren kan? Kamu bisa sekalian cari tahu nih, apakah Komunitas Indonesia Book Party sudah ada di Kotamu.

Bagi kamu yang tertarik dengan kegiatan Indonesia Book Party, kamu bisa langsung datang di jadwal yang sudah di tentukan. Syaratnya, kamu hanya perlu membaca buku dan mau sharing tentang buku yang dibaca. 

Untuk info lebih lanjut, kamu bisa kunjungi intagram @idbookparty.

2. Book Club Semarang

Book Club Semarang adalah komunitas baca buku yang sudah berjalan sejak tahun 2022. Komunitas ini diinisiasi oleh kelompok penggemar buku yang mencintai dunia literasi.

Book Club Semarang mengadakan Baca Buku Bareng (BBB) setiap hari minggu di Taman Indonesia Kaya. Setelah membaca buku bersama dengan metode silent reading, kamu bisa review buku untuk menambah pengetahuan dan referensi bacaan.

Kamu bisa langsung mengunjungi akun instagram @bookclub_semarang untuk informasi lebih lanjut.

3. Buibu Baca Buku Book Club

Buibu Baca Buku Book Club berdiri pada tahun 2018. Komunitas ini memiliki tujuan untuk memberdayakan wanita dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan literasi. Keren kan?

Selain itu, Buibu Baca Buku Book Club (BBB Book Club) memiliki banyak sekali program positif .

Ada berbagi konten digital dan rekomendasi buku, mengadakan tantangan membaca, menyelenggarakan diskusi, webinar, kompetisi, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi website buibubacabuku.com dan instagram @bbbbookclub.

Apakah kalian sudah bergabung di Komunitas membaca buku atau pegiat literasi? Jika sudah, selamat! kamu telah turut andil dalam meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia.

Jadikan membaca sebagai kebiasaan, ikutlah dalam kelompok-kelompok membaca. Atau jadilah pelopor kegiatan literasi di tengah krisis membaca di Indonesia.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top