KKN di Wonosalam Demak Usai, 293 mahasiswa SCU Ditarik Kembali ke Kampus

Suasana KKN mahasiswa Soegijapranata Catholic University (SCU)  di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Foto SCU

Semarang. EDUKASIA.ID - Sebanyak 293 mahasiswa Soegijapranata Catholic University (SCU) peserta program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, ditarik kembali ke kampus setelah selesai mengikuti, Senin (26/8/24). 

Prosesi penarikan mahasiswa KKN tersebut dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) SCU bersama jajaran Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di Kantor Kecamatan Wonosalam, selepas pereka telah menjalani KKN selama 3 minggu di 21 desa yang tersebar di Kecamatan itu.

Mahasiswa KKN tersebut disamping menjalankan program pemberdayaan masyarakat, juga dilibatkan dalam riset yang dilakukan LPPM SCU berkaitan dengan fenomena stunting. 

Beberapa dari mereka berkesempatan menjadi enumerator untuk mengumpulkan data terkait fenomena stunting. Data tersebut diambil mahasiswa dari orang tua yang anaknya terindikasi mengalami stunting maupun yang tidak. 

Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) SCU, Rudy Elyadi, memaparkan ada sekitar 270-an keluarga yang ikut berpartisipasi dalam pengambilan data tersebut.

Nantinya, menurut Rudy, data tersebut akan dipublikasikan dalam bentuk seminar atau webinar. “Saat ini datanya sedang kami olah. Nanti akan kami paparkan dalam seminar hasil bersama dengan Pemkab Demak,” jelas Rudy Elyadi dilansir dari laman SCU.

Selain itu, seminar hasil ini juga akan melibatkan mahasiswa peserta KKN. “Walau tugasnya mereka sudah selesai, tapi mereka boleh bergabung dan memberikan berbagai usulan maupun saran,” sambungnya.

Sejalan dengan itu, ia pun menerangkan ada beberapa mahasiswa yang sebelumnya ikut memberikan penyuluhan. Adapun penyuluhan tersebut berkaitan dengan pola hidup sehat serta kiat memilih makanan bergizi. Selain itu ada pula mahasiswa yang memberikan edukasi terkait pola asuh anak.

“Walau tidak berkaitan langsung dengan riset kami, topik yang mereka hadirkan masih bisa dikaitkan dengan pencegahan dan penanggulangan stunting,” pungkas Rudy.

Perjanjian Kerja Sama

Adapun program ini dapat terwujud berkat kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Demak dan LPPM SCU. Komitmen kerja sama ini tercantum dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani Kepala LPPM SCU, Dr. Y. Trihoni Nalesti Dewi bersama Kepala Bappelitbangda Kabupaten Demak, Masbahatun Niamah, SSi.

Penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Upacara Pelepasan Mahasiswa KKN yang diselenggarakan pada 8 Agustus 2024 di Kantor Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak.

Kerjasama ini bertujuan memberikan pengalaman praktis mahasiswa melalui program KKN. Melalui program ini pula, SCU berupaya mendukung pengembangan serta pemberdayaan masyarakat di wilayah Kabupaten Demak dengan melibatkan mahasiswa.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top