Langka dan Unik, Ini Jurusan yang Jarang Ditemui di Peguruan Tinggi Indonesia


Ilustrasi pegawai yang bekerja di bidang teknologi. Foto Pixabay.

EDUKASIA.ID - Indonesia dikenal sebagai negara kedua dengan perguruan tinggi terbanyak di dunia. Dengan banyaknya perguruan tinggi, maka jurusan yang akan diplih oleh calon mahasiswa akan lebih beragam. 

Keberagaman jurusan juga akan membantu calon mahasiswa untuk mengetahui minat dan bakatnya sendiri.

Menariknya perguruan tinggi di Indonesia sendiri memiliki beberapa jurusan-jurusan langka, di mana hanya dimiliki oleh satu atau beberapa perguruan tinggi saja.  

Kelangkaan tersebut dapat terjadi karena banyak faktor, seperti inovasi dan permintaan pasar yang lebih khusus.

Dengan alasan inovasi dan permintaan khusus tersebut, memungkinkan prospek kerja jurusan langka ini masih cukup luas dan sangat dibutuhkan. 

Tulisan ini akan menyebutkan beberapa jurusan langka di Indonesia yang bisa dijadikan referensi oleh calon mahasiswa.

1. Astronomi

Jurusan Astronomi mungkin saja menjadi jurusan yang sudah cukup umum di luar negeri, tetapi di Indonesia sendiri jurusan Astronomi masih sangat sedikit. Bahkan keberadaanya saat ini diketahui hanya ada di Institut Teknologi Bandung atau ITB.

Jurusan Astronomi sendiri merupakan jurusan yang mempelajari benda-benda langit dan juga fenomenanya. Bagi calon mahasiswa yang menyukai antariksa dan bintang-bintang, jurusan ini bisa menjadi pilihan.

2. Sains Atmosfer dan Keplanetan

Institus Teknologi Sumatera atau ITERA terkenal dengan salah satu jurusan yang hanya ada satu di Indonesia. Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan bahkan diketahui hanya ada satu di dunia.

Jurusan ini hampir serupa dengan Astronomi, tetapi Sains Atmosfer dan Keplanetan lebih menitikberatkan pada perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan interaksi antara bumi dengan matahari bersama planet lainnya di tata surya. 

3. Rekayasa Nanoteknologi

Rekayasa Nanoteknologi menjadi salah satu jurusan yang menjadi jawaban dari perkembangan teknologi yang begitu pesat. Universitas Airlangga (UNAIR) menjadi perguruan tinggi yang memiliki jurusan Rekayasa Nanoteknologi.

Jurusan Rekayasa Nanoteknologi sendiri berada di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin. Prospek jurusan ini masih cukup luas, seperti peneliti ataupun konsultan. 

4. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Bersama dengan Jurusan Rekayasa Nanoteknologi, jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan hanya ada di UNAIR dan berada di Fakultas Teknologi dan Multidisiplin.

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan mencoba menjawab perkembangan robot dan Artificial Intelligence (AI) yang mulai masuk ke dalam semua bidang kehidupan manusia.

5. Teknik Nuklir

Teknik Nuklit menjadi jurusan langka lainnya yang hanya ada di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Universitas Gajah Mada (UGM), Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir-BATAN, dan ITB yang hanya untuk jenjang S3 saja.

Teknik Nuklir ini akan belajar tentang pemanfaatan energi dan pembentukan energi terbaharukan. Selain itu, jurusan ini akan mempelajari tentang rekayasa dan faktor keamanan juga keselamatan yang berkaitan dengan nuklir.

6. Manajemen Industri Katering 

Universitas Pendidikan Indonesia atau lebih dikenal dengan UPI memiliki jurusan unik dan langka, yaitu Manajemen Industri Katering. jurusan ini akan berfokus kepada pengembangan bahan pangan gastronomi dan pengelolaan keuangan pariwisata.

jurusan Manajemen Industri Katering UPI dapat menjadi pilihan calon mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang bisnis dan pariwisata.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top