Olahraga Lari: Murah atau Mahal, Sih?

Ilustrasi orang berlolahraga lari. Foto Pixels
Penulis : Mg Diah Ayu Fadilah

EDUKASIA.ID - Olahraga lari sering dipandang sebagai pilihan olahraga yang ekonomis. Hanya dengan sepasang sepatu dan ruang terbuka, banyak yang menganggapnya sebagai aktivitas yang sangat mudah serta murah untuk diakses. Namun kenyataannya, lari bisa menjadi mahal ketika kita ingin berlari dengan nyaman dan aman. 

Sebenarnya sah-sah saja jika olahraga lari dianggap sebagai olahraga paling murah karena hanya membutuhkan sepasang sepatu. Tetapi saya akan mengatakan bahwa olahraga lari adalah olahraga yang cukup mahal. Kenyamanan dan keamanan adalah prioritas utama yang tidak boleh terlewat. Banyak orang juga berkata demikian.

Ketika saya berlari atau sedang mengikuti event lari, saya sadar bahwa olahraga lari tidak semurah itu. Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan saya membutuhkan sepatu yang aman untuk kategori lari, misalnya saya ingin easy run atau lari santai maka saya butuh sepatu yang memiliki bahan upper yang adem dan ringan.

Tidak hanya itu, saya butuh sepatu lari yang memiliki midsole kenyal dan empuk, yang menggunakan outsole berbahan karet agar dapat bertahan lama serta memberikan cengkraman yang kuat. Begitu pula jika saya ingin trail running atau marathon, maka saya butuh sepatu dengan bahan yang berbeda, jika ingin aman dan merasa nyaman. Maka bisa disebut, beda kategori lari beda pula sepatu yang dibutuhkan. 

Saat mengikuti event lari, saya menyadari banyak hal. Ternyata olahraga lari membutuhkan banyak uang. Bisa dibilang olahraga ini adalah olahraga yang mahal, karena selain sepatu, ada barang lain yang dibutuhkan. Selain sepatu lari, outfit yang nyaman untuk aktivitas ini juga sangat diperlukan, seperti kaos dan celana yang memiliki bahan ringan, mudah menyerap keringat, dan cepat kering.

Ketika cuaca sedang terik, saya memerlukan topi dan kacamata. Bukan hanya untuk sekedar fashion, tapi ini masalah kenyamanan. Saat saya membawa barang seperti kunci, dompet, dan ponsel. Maka barang yang diperlukan adalah tas pinggang (running belt). Karena tidak mungkin kita akan membawa semua barang itu, atau menaruhnya di saku celana saat lari. Itu akan membuat kita tidak nyaman.

Ketika kita ingin mengukur jarak saat lari, seberapa lama kita lari, ataupun ingin tahu denyut jantung saat melakukan aktivitas lari, maka yang dibutuhkan adalah jam pintar atau smartwatch. Jadi apabila orang-orang menganggap olahraga lari adalah olahraga yang paling murah, maka itu tidak sepenuhnya benar. Begitu pula sebaliknya. Tetapi apabila kita ingin berolahraga lari dengan aman dan nyaman, maka olahraga ini bisa dikatakan cukup mahal. 

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top