Penyisihan Kompetisi Sains Nalaria Realistik, Ratusan Peserta Padati Kampus Al Azhar Kalibanteng

Suasana Registrasi Babak Penyisihan KSNR 6 se-Indonesia Wilayah Semarang di Kampus SD Islam Al Azhar 25 Kalibanteng  Semarang pada Minggu (01/09/2024) 

Semarang. EDUKASIA.ID - Suasana riuh terlihat pada Minggu pagi (01/09/2024) di Kampus I Al Azhar Kalibanteng Semaran, tepatnya di SD Islam Al Azhar 25 yang berlokasi di Jalan WR Supratman Kav 31-32 Pamularsih Semarang. 

Ratusan peserta Babak Penyisihan Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) ke-6 se-Indonesia terlihat antre melakukan registrasi sejak pukul 07.00 WIB pagi.  KSNR merupakan ajang kompetisi bergengsi di bidang sains yang digelar oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM). 

Kepala KPM Semarang, Ruswanto, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa KSNR memiliki keunikan soal dibandingkan kompetisi serupa lainnya karena soal-soal pada KSNR lebih membutuhkan penalaran dalam penyelesaiannya. 

Sebelum pelaksanaan babak penyisihan, sekolah-sekolah difasilitasi pelaksanaan Asesmen Sains untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bernalar para murid-muridnya. 

"Asesmen Sains wilayah Semarang dan sekitarnya diikuti oleh 1.058 peserta meliputi Semarang, Kudus hingga Pekalongan. Semoga hadirnya KSNR 6 di wilayah Semarang memberi dampak positif terhadap proses belajar para peserta didik melalui aktualisasi dalam kompetisi sains dan memberi kesempatan berprestasi hingga tingkat nasional maupun internasional melalui ajang perlombaan dari Klinik Pendidikan MIPA." ungkap Ruswanto di sela pelaksanaan babak penyisihan pada Minggu (01/09/2024). 

Ruswanto menambahkan bahwa keunikan lainnya dari KSNR adalah biaya seikhlasnya yang memang menjadi ciri khusus dari kompetisi yang dihelat oleh KPM di bawah Presiden Direktur Dr. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si. yang berpusat di Bogor. Para peserta akan mengikuti tahapan KSNR 6 se-Indonesia di mana babak semifinal akan digelar pada 29 September dan babak final di Bogor pada 22 Oktober mendatang. 

"KSNR 6 diikuti oleh murid kelas 2 SD hingga 9 SMP dan digelar di hampir 60 kabupaten/kota di 12 provinsi di Indonesia. Untuk semifinal wilayah Semarang dan sekitarnya akan digelar di SD Islam Al Azhar 25 Semarang, dan untuk babak final akan digelar di Bogor." imbuh Ruswanto. 

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top