3 Rekomendasi Beasiswa S1 dalam Negeri

                                                         Ilustrasi Beasiswa. Foto: freepik

Penulis: Mg Tsabita Maulida Bahari

EDUKASIA.ID - Biaya pendidikan yang melambung tinggi bagi masih menjadi hambatan bagi beberapa kalangan masyarakat yang ingin melanjutkan kuliah. Namun begitu tak usah khawatir karena  ada banyak beasiswa kuliah untuk program S1.

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa untuk S1, kamu bisa menyimak beberapa rekomendasi dan cara apply beasiswa untuk S1 dengan mudah.

1. Beasiswa BCA

Seperti yang tertera dalam laman karir.bca.co.id/beasiswa-bca, beasiswa BCA ditujukan kepada para lulusan SMA/SMK/sederajat yang berprestasi 

Beasiswa ini diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI).

Kedua program tersebut akan dilangsungkan selama 2,5 tahun dan bertempat di BCA Learning Institute. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh jika mendapatkan beasiswa kuliah yang ditawarkan oleh BCA.

Misalnya, disediakan buku pelajaran sepanjang program pembelajaran berlangsung. Kemudian bagi penerima beasiswa program PPTI juga disediakan laptop.

Tidak hanya itu saja, penerima beasiswa ini juga mendapatkan kesempatan besar untuk magang dan mendapatkan tawaran bekerja di BCA.

Beasiswa ini biasanya membuka pendaftaran di bulan September hingga Oktober.

2. Cargill Global Scholars 

Dikutip dari laman cargillglobalscholars.com, Cargill Global Scholars menyediakan  beasiswa kuliah S1 yang tidak hanya memberi bantuan keuangan, tapi juga kesempatan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan bagi penerimanya.

Penerima beasiswa akan mendapat dana bantuan sebesar 35 juta rupiah selama dua tahun. Kamu pun akan mendapatkan bimbingan dari para mentor untuk mencapai target rencana akademikmu.

Adapun persyaratan jika kamu ingin mendaftar adalah sebagai berikut.

  • WNI
  • IPK minimal 3.00
  • aktif berorganisasi
  • mahasiswa aktif
  • berasal dari keluarga yang tidak mampu

Biasanya, pendaftaran beasiswa ini akan ditutup pada bulan Juni, dan menjalani proses seleksi pada bulan Juli hingga akhirnya hasil seleksi diumumkan pada bulan Agustus.

3. Kartu Indonesia Pintar

Kartu Indonesia Pintar adalah beasiswa pengganti Bidikmisi yang sama-sama memberi bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi.

Namun salah satu syarat penerima beasiswa ini harus memiliki potensi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan lulus kuliah tepat waktu.

Dikutip dari laman  kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, beasiswa kuliah Kartu Indonesia Pintar untuk program D3 diberikan selama 6 semester. Sementara itu, untuk program beasiswa kuliah D4 dan S1 diberikan selama 8 semester.

Untuk uang kuliah sendiri akan dibayarkan langsung kepada perguruan tinggi dan uang saku serta tunjangan buku diberikan langsung pada mahasiswa tiap satu semester.

KIP ini bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang baru ingin mendaftar kuliah ataupun yang baru diterima di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Beasiswa ini biasanya dibuka pada awal tahun, sekitar bulan Maret.


buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top