Sisa Makam Tua di Barat Kagungan Dalem Masjid Kuncen Yogyakarta

Makam Tua di Barat Kagungan Dalem Masjid Kuncen Yogyakarta. Foto: M. Yaser Arafat

Penulis: 
M. Yaser Arafat, 
(Peneliti makam-makam kuno, tinggal di Yogyakarta)

EDUKASIA.ID - Ada satu makam tua berkarakter Nisan Hanyakrakusuman di Pasarean Kuncen, sisi barat Kagungan Dalem Masjid Kuncen. Hanya saja, ditilik dari bentuk-rupanya, makam ini telah masuk era 1700-an awal. Dugaan saya, ia merupakan makam dari era Pra Giyanti.
 
Dulu saya mengira satu-satunya makam tua di sini adalah makam Nyai Derpoyudo. Ternyata ada yang lebih tua lagi. Makam ini terletak di dalam tajug makam BRAy Sumodipuro binti Sultan HB III. Tajug makam ini berada tepat di sisi barat tajug makam Nyai Derpoyudo. Terima kasih untuk Mas Oen Litvinenko atas perkenannya mengabarkan makam ini kepada kami.
 
Kata juru kunci, dulu makam-makam dengan bentuk serupa masih banyak. Lalu karena dianggap sudah tidak diziarahi lagi, dan tidak ketahuan pula keturunannya ada di mana, maka makam-makam itu dipinggirkan. Lalu lahannya dialihkan untuk pemakaman jenazah baru.

Semoga para tokoh sesepuh yang dimakamkan dengan makam ini dan makam-makam sepuh lainnya, BRAy Sumodipuro, para pembuat kijing-nisan mereka, serta muslimin-muslimat yang dimakamkan di Pasarean Kuncen ini diampuni oleh Allah swt, disyafaati oleh Kanjeng Rasulullah saw, dijauhkan dari Fitnah kubur, dan dimasukkan ke dalam surga. Amin.

Linnabi walahumul Fatihah...
Shollallahu ngala Muhammad...

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top