Alhamdulillah, Operator EMIS Kemenag akan Dapat Insentif Per Bulan

User champion EMIS 4.0. Foto ist.

Jakarta. EDUKASIA.ID - Kabar gembira bagi para operator EMIS (Education Management Information System), saat ini Kementerian Agama sedang mengupayakan adanya dana insentif untuk para operator EMIS.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Abu Rokhmad menyatakan hal itu saat memberikan arahan pada Penganugerahan Penghargaan Pemenang User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024 di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

“Tolong diperhatikan, dan menjadi PR bersama, tahun depan tidak hanya Anugerah tapi harus ada insentif, kalo bisa perbulan, untuk semua operator EMIS,” ujar Abu Rokhmad.

Menurut Abu Rokhmad, peran User Champion dalam mengawal data bagi Pendidikan Islam merupakan perwujudan pentingnya manajemen big data. 

Dikatakannya, kepaduan data berbasis bukti memungkinkan para pembuat kebijakan untuk menentukan perencanaan strategis, pengambilan keputusan, dan penyusunan kebijakan dengan tepat.

Pihaknya menyadari, peningkatan kemampuan para User Champion juga menjadi prioritas. "Dengan begitu, sistem EMIS 4.0 akan dapat mendukung data pendidikan Islam yang lengkap, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan, baik untuk keperluan internal Kementerian Agama, madrasah, perguruan tinggi keagamaan, pondok pesantren, hingga data siswa, guru, dan fasilitas pendidikan," sambung Abu Rokhmad.

Ditandaskannya, platform EMIS 4.0 akan menjadi acuan utama dalam manajemen data pendidikan Islam, termasuk dalam penyediaan layanan beasiswa, bantuan, pelatihan, dan fasilitas pendukung lainnya. 

"Untuk itu, marilah kita bersama-sama berkomitmen untuk terus mendukung reformasi ini demi Pendidikan Islam yang lebih maju dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik. EMIS 4.0 Dukung, Dampingi Demi Data," ajaknya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Abdul Rouf melaporkan kegiatan ini telah dimulai sejak tahun lalu. Pada 2024, kegiatan diikuti oleh madrasah dan pesantren. Menurutnya, kegiatan ini adalah salah satu cara untuk menghargai para pengelola data dan operator di madrasah maupun pesantren yang memiliki peran penting meskipun sumber daya yang minim. 

Dari 80 finalis yang telah dipilih, penilaian didasarkan pada beberapa kriteria, termasuk loyalitas, dedikasi, kecepatan, dan ketepatan dalam mengelola data. "Kami memilih tiga besar dari finalis ini," sebutnya.

Ia melaporkan, seleksi yang dimulai dari tanggal 4 Agustus-20 September 2024 ini berhasil menjaring lebih dari 500 User Champion dari Barat hingga Timur Indonesia. 

80 Finalis User Champion ini, merupakan perwakilan terbaik dari seluruh negeri yang mendedikasikan dirinya untuk kualitas data yang lengkap, tepat, valid, dapat dipertanggungjawabkan, dikelola dengan baik dan terukur. 

Mereka terdiri dari 10 Finalis Madrasah dan 4 Finalis PD-Pontren Tingkat Provinsi, 10 Finalis Madrasah dan 10 Finalis PD-Pontren Tingkat Kabupaten/Kota. dan 20 Finalis Madrasah dan 26 Finalis PD-Pontren Tingkat Satuan Lembaga.

Rouf berharap, 80 finalis ini dapat melanjutkan perjuangan dalam membentuk jejaring kelompok kerja User Champion yang telah dibangun oleh finalis User Champion 2023 lalu.

"Mari bersama-sama dengan kami saling bahu-membahu mempertahankan kerja dan kinerja baik, karena kontribusi kita sangat bernilai sebagai penentu masa depan Pendidikan Islam di negeri ini," ajaknya.

"Kami sangat mengapresiasi seluruh pengelola data yang terus bekerja keras. Akurasi data yang sudah dicapai berada di atas 80%, meskipun kita masih perlu meningkatkan konsistensi dan ketepatan dalam pengelolaan data," tambah Rouf.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top