Evolusi Era Komunikasi

0


Ilustrasi perkembangan era komunikasi dari waktu ke waktu. (Foto: komunikasipraktis.com)

Penulis: Mg Siti Nurhaliza Safitri

EDUKASIA.ID - Komunikasi merupakan kebutuhan utama bagi manusia sebagai makhluk sosial di dunia. 

Menurut Everett M. Rogers dalam bukunya "Communication Technology: the New Media in Society", sejarah komunikasi manusia diperkirakan dimulai sejak sekitar 35.000 tahun sebelum Masehi (SM).

Komunikasi berkembang dengan proses yang panjang dan sangat lama hingga akhirnya dapat sampai pada masa ini. Rogers berpendapat bahwa terdapat empat masa evolusi komunikasi yang dibagi menjadi era tulisan, era cetak, telekomunikasi, dan era interaktif.

Era Komunikasi Tulisan 

Sebelum ditemukan kertas, orang zaman dahulu menulis di atas batu, kayu, daun, dan  media alami lainnya. 

Bangsa Sumeria ditemukan telah membuat tulisan di atas lembaran tanah liat 4000 tahun SM. Tulisan tersebut berupa simbol piktograf yang mewakili bunyi kata-kata. 

Tulisan ini dikenal dengan huruf paku (cuneiform) yang digunakan untuk mencatat hasil panen serta urusan perdagangan. 

Pada 2900 SM, bangsa Mesir mulai mengenal hieroglif, yakni sistem penulisan yang terdiri dari kombinasi elemen logograf dan alfabet. 

Tulisan semakin berkembang sebagai sarana komunikasi, sehingga dibutuhkan alat pengganda tulisan yang bekerja secara cepat dan efisien. Bangsa China berhasil menemukan alat cetak hand press sederhana yang terbuat dari kayu pada 1041 SM.

Era Komunikasi Cetak

Pada tahun 1456 M, seorang penemu asal Jerman bernama Gutenberg berhasil mengembangkan mesin cetak hand press berbahan metal yang lebih canggih. Ia berhasil mencetak kitab injil untuk pertama kalinya. 

Tidak hanya itu, Gutenberg juga memperkenalkan tinta berbasis minyak sehingga tulisan menjadi lebih tahan lama dibanding dengan menggunakan tinta berbasis cair. 

Dengan kemajuan mesin cetak, tingkat literasi masyarakat Eropa pada saat itu meningkat pesat. Kehadiran mesin cetak telah membuka pemahaman masyarakat bahwa pengetahuan tidak lagi hanya dimiliki oleh para eksklusif suatu elit tertentu, yang menggiring mereka menuju abad pencerahan atau renaisans. 

Era Komunikasi Telekomunikasi

Keberhasilan revolusi industri pada abad 18 membawa dampak besar bagi kehidupan umat manusia. 

Pada masa itu, James Watt berhasil mengembangkan mesin uap untuk kepentingan industri. Hal ini mendorong para ilmuwan untuk berinovasi menghasilkan penemuan-penemuan lain. 

Begitu pula dengan perkembangan alat komunikasi. Pada masa ini, alat komunikasi jarak jauh mulai berkembang sangat pesat. 

Di tahun 1844, Samuel Morse berhasil mengirimkan pesan melalui alat telegram. Alexander Graham Bell menyusul pada tahun 1876 dengan temuannya berupa telepon. Tahun 1895 film Lumiere bersaudara ditemukan. 

Pada 1895, Guglielmo Marconi berhasil mengirimkan pesan melalui radio. Hal ini dilanjut pada tahun 1920, yakni diadakan siaran radio oleh KDKA, stasiun radio komersial pertama di dunia. 

Tidak hanya radio, pada 1933 RCA di Amerika Serikat mendemonstrasikan televisi yang pada akhirnya siaran televisi komersial pertama di dunia tayang pada 1941. 

Era Komunikasi Interaktif

Masa ini dimulai saat cikal bakal komputer pertama kali ditemukan pada 1946 di Amerika Serikat dengan istilah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer).

Istilah PC atau Personal Computer baru ditemukan pada 1975, sementara world wide web baru dikembangkan sekitar tahun 1990. 

Keberadaan teknologi tersebut mendorong lahirnya internet yang semakin mempermudah manusia dalam berkomunikasi tanpa perlu mengkhawatirkan ruang dan waktu.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Komentar menggunakan bahasa sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Redaksi berhak mengedit komentar apabila kurang layak tayang.

Komentar menggunakan bahasa sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Redaksi berhak mengedit komentar apabila kurang layak tayang.

Posting Komentar (0)
Pixy Newspaper 11

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top