Manfaatkan Limbah Teh, Peneliti Muda SMP Al Azhar 23 Raih Medali Emas World Youth Invention and Innovation Award

Dari kiri: Aisha Amalia Fatihah, Kirana Rizkia Sandi, dan Andy Bintang Widyasatria berfoto bersama pascapenyerahan medali WYIIA 2024 di Yogyakarta (13/10/2024). Foto Ist.

Semarang. EDUKASIA.ID- Tim peneliti muda SMP Islam Al Azhar 23 Semarang terdiri dari Aisha Amalia Fatihah, Kirana Rizkia Sandi, dan Andy Bintang Widyasatria berhasil meraih medali emas dalam gelaran World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) 2024 di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta pada 10 s.d. 14 Oktober 2024. 

Tim tersebut mengangkat karya ilmiah bertajuk Utilization of Carbon Dots from Tea Waste for Plant Growth Supplement di mana limbah teh dimanfaatkan sebagai suplemen pertumbuhan tanaman. 

Karya yang mereka presentasikan secara offline melalui booth yang mereka siapkan berhasil memukau para juri. 

WYIIA merupakan event lomba bergengsi tingkat internasional yang dihelat oleh Indonesian Young Scientists Association (IYSA) yang bertujuan memberikan kesempatan kepada para peserta yang terdiri dari pelajar serta mahasiswa untuk memamerkan hasil karya dari projek yang telah dilakukan di hadapan dewan juri. 

WYIIA 2024 sebagaimana dikutip dari akun resmi wyiiaofficial diikuti oleh 549 tim dari 16 negara di dunia, di antaranya Indonesia, Bangladesh, Korea Selatan, Vietnam, Iran, Turkiye, Yaman, Pakistan, Malaysia, Thailand, Bulgaria, Filipina, Nepal, Mexico, Argentina, serta Hongkong.

Kepala SMP Islam Al Azhar 23 Semarang, Agus Sugito, S.Pd., mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh murid-muridnya. Ia berharap agar pencapaian dalam WYIIA 2024 dapat memacu semangat berprestasi seluruh civitas akademika SMP Islam Al Azhar 23.

"Alhamdulillah, seluruh civitas akademika SMP Islam Al Azhar 23 Semarang menyampaikan selamat kepada ananda Sasha, Kiran, dan Bintang atas prestasi yang telah diraih. Semoga memacu semangat untuk terus belajar, berkarya, dan berprestasi dengan tetap mengedepankan semangat menginspirasi dan tetap rendah hati." kata Agus Sugito di kantornya pada Senin (14/10/2024).

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top