Mengulik Menu Omakase, Hidangan yang Dimakan Erina Gudono Istri Kaesang

0
       
Ilustrasi omakase: Foto.freepik

Penulis: Mg Tsabita Maulida Bahari

EDUKASIA.ID -  Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep, mengunggah story tentang  menu makan omakase usai melahirkan di Rumah Sakit Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2024). Nah, apa sih omakase itu? 

Dikutip dari Michelin Guide, dalam bahasa Jepang, omakase mempunyai arti "saya serahkan kepada Anda". Istilah ini dalam konteks kuliner diartikan sebagai pengalaman makan pada pelanggan yang mempercayakan sepenuhnya kepada sang koki untuk menentukan menu yang akan disajikan. 

Pengalaman makan ala omakase bukan hanya tentang makanan, tetapi juga tentang kepercayaan dan seni. Pelanggan memberikan kepercayaan penuh kepada koki untuk menentukan hidangan yang sesuai dengan ketersediaan bahan dan kreativitas mereka.

Ini memberikan fleksibilitas kepada sang koki untuk menyesuaikan menu dengan suasana hati pelanggan dan bahan-bahan yang paling segar pada hari tersebut. Omakase tidak hanya terbatas pada sushi. Di berbagai jenis restoran, konsep ini telah meluas ke menu minuman anggur, koktail, hingga fashion.

Dalam konteks umum, pengalaman makan omakase merupakan perpaduan antara seni kuliner yang sesuai dengan ketersediaan bahan dan kreativitas para koki.dan kepercayaan yang berupa dengan menyerahkan serta mempercayakan pilihan makanan kepada koki, sehingga pelanggan dapat menikmati kejutan yang menyenangkan dan merasakan sajian yang paling segar dan sesuai dengan musim, menciptakan pengalaman makan yang unik dan berkesan..

Meskipun banyak yang mengira omakase adalah tradisi kuno, sebenarnya konsep ini baru populer pada 1990-an di restoran sushi. 

Awalnya, restoran sushi hanya melayani pelanggan yang sangat paham tentang ikan dan seni pembuatan sushi, namun kemudian banyak pendatang baru yang mulai mengunjungi restoran mewah ini meskipun mereka tidak sepenuhnya memahami budaya sushi. 

Omakase sendiri juga disukai oleh para koki karena memungkinkan mereka menggunakan bahan-bahan yang mereka miliki, tanpa harus mengecewakan pelanggan jika suatu bahan tidak tersedia. 

Omakase  merupakan cara penyajian makanan  secara eksklusif, inilah mengapa tidak semua restoran menyajikan menu ini. Salah satu ciri khas restoran dengan sistem Omakase adalah pengunjung duduk di dekat koki yang sedang menyiapkan hidangan, sehingga pelanggan dapat langsung melihat proses pembuatan makanan yang akan Anda santap

 Karena posisi duduk yang dekat dengan koki, sistem Omakase memungkinkan pelangan bisa berinteraksi dengan sang koki. Biasanya, koki dengan ramah akan menjelaskan masakan yang sedang ia buat. 

Pada kesempatan ini pelanggan juga  dapat mengajukan pertanyaan, namun sebaiknya hanya seputar makanan, bukan hal-hal pribadi. Pastikan berinteraksi secukupnya agar tidak menggangu konsentrasi koki. Selain itu saat sedang menyantap omakase hindari memilih-milih makanan yang disajikan karena hal itu dapat membuat koki tersinggung.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Komentar menggunakan bahasa sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Redaksi berhak mengedit komentar apabila kurang layak tayang.

Komentar menggunakan bahasa sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Redaksi berhak mengedit komentar apabila kurang layak tayang.

Posting Komentar (0)
Pixy Newspaper 11

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top