Profil Abdul Mu’ti, Calon Menteri Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah

Calon Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah. Foto Muhammadiyah Jateng.

Jakarta. EDUKASIA.ID - Santer beredar kabar bahwa Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto menunjuk Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti untuk menjadi menteri Pendidikan Dasar dan Menengah.

Publik lantas penasaran, siapa sebenarnya sosok yang akan memimpin kementerian yang mengurusi pendidikan pada jenjang dasar dan menengah tersebut?

Berikut profil Abdul Mu’ti yang dikabarkan akan menjadi menjadi menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, dilansir dari laman Muhammadiyah Jateng.

Abdul Mu’ti lahir di Kudus, 2 September 1968. Sebelumnya, Abdul Mu'ti tercatat sebagai anggota Muhammadiyah sejak 1994, ia juga pernah mejabat sebagai Sekretaris PWM Jateng periode 2000-2002.

Selanjutnya Abdul Mu'ti juga menduduki jabatan keorganisasian level pusat yaitu Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2002-2006. 

Riwayat keorganisasian Abdul Mu'ti selanjutnya Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah 2005-2010, Sekretaris PP Muhammadiyah 2010-2015, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah 2015-2022 dan terpilih kembali pada Muktamar ke 48 kemarin untuk masa bakti 2022-2027. 

Abdul Mu’ti merupakan seorang dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. 

Sejak mahasiswa, Abdul Mu'ti telah aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UIN Walisongo Semarang, kemudian pernah menjadi pimpinan di PC IMM Kota Semarang dan DPD IMM Jawa Tengah.

Keorganisasian pada level Internasional diantaranya sebagai anggota British Council Advisory Board 2006-2008, Indonesia-United Kingdom Advisory Board (2007-2009).

Abdul Mu'ti juga pernah menjadi Executice Committee of Asian Conference of Religion for Peace (2010-2015), dan Indonesia-United States Council on Religion and Pluralism (2016-Sekarang).

Calon Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah itu pernah menerima penghargaan Australian Alumni Award (2008) ini aktif dalam berbagai forum dialog dan kerjasama antar iman di dalam dan di luar negeri. 

Riwayat pendidikan Abdul Mu’ti

  1. Madrasah Ibtidaiyah Manafiul Ulum Kudus 
  2. Madrasah Tsanawiyah Negeri Kudus 
  3. Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Filial Kudus 
  4. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
  5. Sekolah Pendidikan Universitas Flinders, Adelaide, Australia
  6. Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Karya-karya Abdul Mu'ti

Abdul Mu'ti melahirkan banyak karya, beberapa dipresentasikan dalam berbagai forum ilmiah di dalam dan di luar negeri, serta media massa nasional antara lain di Sindo, Kompas, Republika, The Jakarta Post, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa diantara karya Abdul Mu'ti:

  • Konvergensi Muslim dan Kristen Dalam Pendidikan (bersama Fajar Riza Ulhaq- al-Wasath Publishing House, 2009), Inkulturasi Islam (al-Wasath Publishing House, 2009).
  • Beragama yang Mencerahkan (Majelis Pustaka dan Informasi PP. Muhammadiyah, 2019)
  • Beragama dan Pendidikan yang Mencerahkan (Uhamka Press, 2019)
  • Pluralisme Positif: Konsep dan Implementasi dalam Pendidikan Muhammadiyah (UMJ-MPI PPM, 2019)
  • Toleransi yang Otentik: Menghadirkan Nilai Kemanusiaan dan Keterbukaan dalam Beragama,  Berpolitik, dan Peradaban Global (Jakarta: al-Wasat, 2019)
Itulah profil Abdul Mu’ti yang dikabarkan akan menjadi menjadi menteri Pendidikan Dasar dan Menengah.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top