Tiga Bentuk Kalimat Dalam Bahasa Arab

6393
BERBAGI
Kalimat Dalam Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah bahasa yang sudah mendunia. Bahasa ini menjadi bahasa resmi di negara-negara Timur Tengah serta menjadi bahasa persatuan umat Islam, alasannya karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran. Nggak heran jika bahasa Arab banyak dipelajari oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, terlebih di lembaga pendidikan keagamaan, contohnya Pondok Pesantren, yang menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar.

Sebagai pengetahuan dasar, bahasa Arab tersusun dari tiga bentuk kalimat dasar, yaitu: 1) Isim (kata benda), 2) fi’il (kata kerja) dan 3) huruf. Jadi, susunan kalimat dalam bahasa Arab tidak pernah lepas dari ketiga hal tersebut.

Kita contohkan saja “ibu menanak nasi di dapur”. Kalimat tersebut tersusun dari bagian-bagian kata “ibu – menanak – nasi – di – dapur”  yang kemudian memberi informasi dan pengertian bagi pendengar. Begitu pula dalam bahasa Arab, sebuah kalimat informatif tersusun dari tiga bagian yang telah disebutkan sebelumnya.

Tulisan ini akan mebahas secara ringkas tentang pengertian tiga kalimat dasar dalam bahasa Arab, yaitu Isim, fi’il dan huruf beserta ciri-cirinya.

1. Isim (اِسْـمٌ)

Isim secara sederhana diartikan sebagai kata benda. Isim merujuk pada arti dirinya sendri tanpa terikat dengan masa atau waktu, seperti nama seseorang, nama hewan, nama benda, sifat, dan sebagainya.

Contohnya sebagai berikut :

B. Arab B. Indonesia

Ket

عَلِيٌّ

Ali Nama Orang

فَاطمة

Fatimah

Nama Orang

الطَّبِيْبُ

Seorang Dokter

Profesi

فَصْلٌ Kelas

Benda

 

Kalimat isim bisa dikenali dengan empat tanda, yaitu:

a) Diawali dengan alif lam ( ال )

Jika sebuah kata diawali huruf alif dan lam di awalnya, maka dapat disimpulkan bahwa kata tersebut adalah isim. Contoh: الْمَسْجِدُ , الْفَصْلُ , الْحَمْدُ

b) Bertanwin pada harakat akhirnya.

Jika sebuah kata berakhiran harakat tanwin (ـًـ ـٍـ ـٌـ) , secara otomatis kata tersebut adalah isim. Contoh: مَكْتبٌ , جَرِيْدَةٌ , أُسْتاَذٌ

c. Khafadh

Khafadh merupakan tanda kasrah atau bergaris bawah pada isim (ــِـ).

Contoh :  بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

d) Didahului oleh huruf Jarr

Jika sebuah kata didahului oleh huruf jarr (huruf tertentu yang menyebabkan perubahan harakat akhir kata menjadi kasrah) maka, kata yang berharakat kasrah tersebut adalah isim. Contoh : أنت تذهب إلى الفصلِ

2. Fi’il (فِـعْــــلٌ)

Fi’il adalah kata kerja. Secara rinci, fi’il adalah kalimat yang menunjukkan perbuatan atau pekerjaan yang mengandung unsur waktu tertentu. maka,dalam bahasa Arab, kata kerja terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

a) Fi’il Madhi (الْفِعْلُ الْماَضِى) / Kata Kerja Lampau

Fi’il madhi adalah kata kerja yang menunjukkan perbuatan yang telah dilakukan, sebentar atau telah lama. Contoh : قَرَأَ عَلِيٌّ (Ali telah membaca).  Kata qara’a merupakan kata kerja masa lampau (fi’il madhi) yang diartikan dengan membaca. Adapun masanya adalah masa yang telah lampu, maka diartikan secara utuh “Ali telah membaca”.

b) Fi’il Mudhari’الْفِعْلُ الْمُضَارِع) / Kata Kerja Sekarang atau Akan Datang

Fi’il mudhari’ adalah kata kerja yang menunjukkan perbuatan yang sedang atau hendak  dilakukan. Contoh : يَأْكُلُ عَلِيٌّ الْمَوْزَ  (Ali sedang makan pisang). Kata ya’kulu adalah kata kerja “makan”, sedangkan masa atau waktu memakan pisang pada kalimat tersebut, sedang dilakukan atau akan dilakukan.

c) Fi’il Amarفِعْلُ الْأَمْر) / Kata Perintah

Fi’il amar adalah kata kerja yang dikhususkan untuk menyuruh atau memerintah. Contoh : اِقْرَأْ الدَّرْسَ ( bacalah pelajaran itu! )

3. Huruf (حَرْفٌ)

Kalimat huruf bisa dibilang sebagai kalimat pelengkap. Karena huruf tidak dapat berdiri sendiri, ia harus bergandengan dengan kata lain sebagai sandaran agar dapat memberikan makna. Beberapa kalimat yang masuk dalam kategori huruf adalah : min (مِنْ)/dari, ila (إِلَى)/ke, fii(فِى)/di, hal(هَلْ)/apakah, dll. Contoh: minas suuqi ( مِنَ السُّوْقِ )/dari pasar.

Sekian dulu tulisan tentang kalimat dasar dalam bahasa Arab ini, semoga bisa membantu belajar bahasa Arab bagi pemula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here